Untuk Anda Kami Ada

Agama Wong Samin


Banyak orang menganggap, wong Samin adalah kaum atau komunitas yang tidak beragama. Hal itu jelas merupakan fitnah yang sangat keji. Sejak awal terbentuk, komunitas penganut ajaran Samin Surosentiko ini sudah memilliki agamanya sendiri, walaupun agama tersebut tidak masuk dalam enam agama yang diakui pemerintah.

Bagi wong Samin, hingga kini agama yang mereka anut adalah agama yang sama yang dianut oleh orang Samin awal, yaitu agama Adam. Agama Adam sendiri dikembangkan oleh pendiri gerakan Samin, sebagai agama kaum Samin. Dalam agama Adam, nilai-nilai moralitas seperti kejujuran, welas asih, tangggung Jawab, dan menyayangi alam, sangat ditekankan.

Selayaknya agama yang lain, agama Adam juga memiliki kitab sucinya sendiri, yakni Kitab Jamus Kalimasada. Kitab ini kebanyakan berisi berbagai ajaran dan falsafah hidup yang tertulis dalam bentuk syair atau guritan. Dengan kitab itulah, orang Samin senantiasa menjaga semangatnya untuk terus patuh pada tradisi Saminisme yang menjunjung tinggi kejujuran.

Ada beberapa orang yang mengatakan agama Adam ini merupakan kombinasi atau sinkretisme dari ajaran Hindu Jawa (berbeda dengan hindu bali, tetapi lebih mirip seperti yang dianut oleh orang kejawen/kebatinan Jawa) dan ajaran Buddha dan Islam. Sedang oleh beberapa peneliti yang berlatar belakang pendidikan berlabel liberalis, agama Adam dipandang sebagai agama bumi (lawan dari agama samawi/agama langit) yang berkaitan dengan kesuburan, pertanian dan tahayul. Mereka juga menyebut agama Adam sebagai sebuah aliran kepercayaan yang segolongan dengan aliran animisme dan dinamisme.

Jelas saja wong Samin tidak bisa menerima itu semua. Bagi mereka, agama adalah agama Adam. Walau kini banyak juga generasi mudanya yang mulai menganut islam atau Buddha. Agama Adam sendiri mengajarkan untuk tidak membenci penganut agama lain. Itulah, mengapa mereka tidak pernah bermusuhan dengan penganut agama lain, walau pemerintah dan pihak-pihak tertentu terus memaksakan beberapa agama resmi negara pada orang Samin.

Popular Posts

close