Untuk Anda Kami Ada

Pandangan Wong Samin Terhadap Negara


Bagaimana pandangan wong samin terhadap negara?. Ajaran kenegaraan yang diajarkan oleh Samin Surosentiko kepada para pengikutnya, salah satunya terdapat dalam Serat Pikukuh Kasajatén. Ajaran ini ditulis dalam tembang tengahan metrum Dudukwuluh (Megatruh), sebagai berikut:

"Negaranta niskala anduga arum, apraja mulwikang gati, gen ngaub miwah sumungku, nuriya anggemi ilmu, rukunarga tan ana blekuthu"

artinya:
(Negara kalian akan terkenal, pemerintah yang membuahkan tanda waktu, untuk berteduh dan menaati peraturan, apabila para warga suka pada ilmu, sehingga menimbulkan kerukunan dan tanpa ada gangguan apapun)

Dalam bait tembang tersebut di atas, Samin Surosentiko mengatakan bahwa sebuah negara itu akan terkenal dan disegani, serta dapat digunakan sebagai tempat untuk berlindung rakyatnya, apabila para warganya selalu memperhatikan ilmu pengetahuan dan hidup dalam perdamaian. Rupanya, keinginan Samin Surosentiko atas bentuk kenegaraan yang ideal adalah sebuah negara beserta rakyatnya yang memperhatikan keutamaan ilmu pengetahuan.

Terkait dengan hal itu, Samin menambahkan penjelasan tentang pentingnya taat pada aturan serta kerukunan sosial yaitu dalam sajian metrum Dhandhanggula, sebagai berikut:

"Pramila sesama kang dumadi, mikani rèh papaning sujana, supaya tulus pikukuhé, angrengga jagat agung, lelantaran mangun sukapti, limpadé kang sukarsa, wiwaha angayun, suka bukti mring prajèngwang, pananduring mukti kapti amiranti, dilah kandiling satya"

artinya:
(Itulah sebabnya sesama makhluk Tuhan, memahami hukum dari para cerdik cendikia, upaya abadi kepercayaan, menghiasi alam semesta, dengan niat yang baik, kecendikiaan yang menyenangkan, (bagaikan) pengantin yang berkeinginan, suka berbakti kepada negaranya, ingin memasak makanan yang telah siap bumbunya, lampu dian yang mendiani kesetiaan)

Setidaknya, dua kutipan dalam Serat Pikukuh Kasajatèn tersebut memperlihatkan dua kriteria sebuah negara yang ideal menurut Samin Surosentiko:

(1) kemajuan negara didasarkan pada kecendekiaan;
(2) serta kerukunan yang disandarkan pada kesetiaan warga negara kepada negaranya.

Jadi sangat keliru, jika ada pendapat yang mengatakan bahwa wong samin itu anti kepada dunia pendidikan, politik dan negara. Yang mereka inginkan adalah sistem pendidikan nasional, sistem perekonomian yang berkeadilan dan mensejahterakan, sistem politik dan bernegara, yang tidak dicampuri oleh kepentingan asing. Artinya, wong samin menginginkan suatu bentuk negara yang mandiri.

Popular Posts

close