Untuk Anda Kami Ada

Kejujuran Adalah Segalanya


Meski tak mengenyam pendidikan formal, para pengikut Samin memiliki budi pekerti dan sikap hidup lebih santun daripada kita yang berpendidikan tinggi. Saminisme adalah ajaran hidup yang selalu mengedepankan kejujuran dan kesahajaan. Gaya hidup modern sudah keluar dari koridor tujuan penciptaan manusia yang lebih mengedepankan egoisme, hedonisme, kebohongan, dan kerakusan kekuasaan adalah gaya hidup manusia. Korupsi (mencuri), debat kusir, dan saling fitnah, tampaknya bukan sesuatu yang aneh dan mereka meyakini, itulah yang memicu kerusakan di dunia.

Alam ibarat ibu bagi mereka, karena alam menghidangkan kekayaan melimpah untuk dinikmati kapan pun. Karena itu mereka begitu mencintai dan menjaga alam. Mereka juga tidak kenal istilah berdagang, karena berdagang selalu melahirkan unsur 'ketidak-jujuran'. Mereka memilih sistem barter karena berlandaskan kejujuran dan tidak merugikan pihak lain. Baginya, bohong adalah tabu. Mereka juga tidak menerima bantuan dalam bentuk uang.

Arus globalisasi sering dijadikan kambing hitam sebagai pemicu. Kendati demikian, masyarakat Samin tak bergeming dan tetap memegang prinsip hidup mereka. Karena itulah, saminisme sangat layak dijadikan cerminan hidup. Keharmonisan, keselarasan, dan keseimbangan adalah representasi masyarakat Samin. Seolah-olah tak dijumpai celah dalam kehidupan mereka untuk berbuat iri, dengki, rakus, dan perbuatan negatif lain.

Dalam Serat Jamus Kalimasada, Samin Surosentiko mengatakan, "Aja dengki srei, tukar padu, dahpen kemeren, aja kutil jumput, mbedog colong". Ya, masyarakat Samin dilarang berhati jahat, berperang mulut, iri hati kepada orang lain, dan mengambil milik orang (mencuri). Sebab, semua tindakan itu merupakan awal kerusakan di bumi.

"Kejujuran adalah segalanya". Kejujuran harus menjadi dasar dan pegangan bagi manusia untuk mendapatkan kekuatan. Jangan pernah dengki dan iri hati. Semua manusia sama, membeda-bedakan manusia adalah tabu dalam mayarakat samin". Secara eksplisit, ucapan indah itu mengindikasikan mereka senantiasa menerapkan sikap toleransi dan pluralitas.

Popular Posts

close