Untuk Anda Kami Ada

Kawasan Wana Wisata Goa Terawang Kondisinya Memprihatinkan


Kawasan Goa Terawang merupakan salah satu wisata alam yang memiliki luas 13 hektare. Terletak di kawasan hutan RPH Kedungwungu, BKPH Kalonan, KPH Blora. Selain Goa Terawang sebagai goa utama, ada juga goa goa kecil lainnya seperti Goa Manuk, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Kidang, dan lainnya.

Goa Terawang ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur, musim liburan atau libur lebaran. Setiap tahun menggelar event Syawalan dengan mengadakan pentas musik dangdut. Namun pada hari-hari biasa sepi pengunjung, hanya ada beberapa muda mudi atau penghobi fotografi yang sering berkunjung untuk mengabadikan keindahan dalam goa.

Kawasan wana wisata Goa Terawang kondisinya memprihatinkan, lihat saja tampak beberapa fasilitas penunjang kawasan Goa Terawang dalam kondisi rusak. Jalan di kawasan wisata tersebut untuk menuju mulut goa tertutup rerimbunan rumput liar.

Demikian pula dengan kondisi jalan yang ada di dalam goa, hanya tersusun dari bebatuan yang licin terlebih saat musim hujan. Seperti saat ini, air hujan terlihat mengalir ke dalam goa sehingga sangat membahayakan. Begitu juga kondisi tangga untuk turun menuju goa juga banyak yang sudah rusak.

Beberapa warga setempat yang setiap hari melewati kawasan goa tersebut mengungkapkan, bahwa kondisi kerusakan tersebut sudah bertahun-tahun terjadi dan hingga sekarang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. Bahkan pos penjaga goa juga terlihat roboh, akibat tertimpa pohon jati dan sampai saat ini juga belum diperbaiki.

Warga sekitar Goa Terawang hanya bisa berharap, bahwa pihak pengelola segera melakukan perbaikan fasilitas penunjang di wana wisata ini. Sungguh disayangkan jika dibiarkan merana keadaannya.

Popular Posts

close