Untuk Anda Kami Ada

Dialog Budaya Dengan Sedulur Samin Di Pendopo Samin


Kesederhanaan, kejujuran, menjaga kelestarian alam dan pakaian adat merupakan beberapa contoh tradisi atau kebiasaan perilaku yang terus dipraktekkan oleh sedulur sikep disini.

Masyarakat sedulur sikep di Dukuh Karangpace ini masih memegang teguh tradisi dan kebudayaannya, suatu sikap yang patut untuk dicontoh. Begitu juga dengan masyarakat Blora yang terus berusaha meneladani nilai-nilai luhur sedulur samin, ditengah terpaan budaya dan keyakinan yang tak sesuai.

Disela kunjungan kerja ke Kabupaten Blora pada Sabtu (7/3/2015) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana mampir ke perkampungan sedulur samin, di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kec. Banjarejo.

"Semua hal yang berkaitan dengan budaya leluhur yang dari turun temurun selalu dipertahankan. Ini yang nantinya akan menjadi kekuatan bangsa, karakter kita dan tidak hilang ditelan oleh waktu dan jaman", hibauan ini disampaikan Presiden Jokowi saat Dialog Budaya Dengan Sedulur Samin Di Pendopo Samin, Karangpace.

Tentu saja, Presiden Jokowi sangat mendukung tradisi masyarakat Samin yang terus menjaga budaya adatnya. Beliau juga meminta kepada warga Samin khususnya dan masyarakat blora, agar terus merawat perkampungan adat dan budayanya untuk mencegah masuknya budaya asing yang saat ini sangat mengkuatirkan dan merusak generasi muda indonesia pada umumnya.

Popular Posts

close